Wednesday 2 December 2015

Spesifikasi Honda Nova Sonic RS 125cc






Demi memuaskan hasrat konsumen sepeda motor penggila kecepatan di Indonesia
maka beberapa importir umum kembali memutuskan mengimpor varian Honda Nova secara CBU dari Thailand dengan mengusung mesin lebih ramah lingkungan yaitu 4 langkah berjudul Honda Nova Sonic RS 125 dengan jumlah terbatas karena sedang melakukan penjajakan pasar plus ditambah nilai harga beli diatas rata-rata motor bebek 4 tak buatan lokal pada umumnya pada masa itu.




Walaupun dengan embel-embel harga beli mahal, perawatan plus suku cadang susah, tidaklah menyurutkan keingingan konsumen untuk memiliki motor ini. Masih seperti pendahulunya Nova Sonic disini juga dirilis dengan dua versi yaitu standart dan RS Super Repsol Edition, yang membedakan varian RS Super dengan standart adalah pada bagian starter plus cast wheelnya..hingga saat inipun motor tersebut menjadi incaran bagi kolektor motor eksotis diIndonesia terutama Nova Sonic dengan versi RS Super Repsol Edition



Spesifikasi Mesin
Honda Nova Sonic RS 125 dipersenjatai dengan mesin 4 langkah berpendingin cair, berkapasitas 124.7cc, SOHC, 2 valve, Bore x Stroke adalah 58 x 47.2 mm, berkompresi 11:1, transmisi mengaplikasikan 5 percepatan, kopling manual, setang clip-on, Kapasitas tangki bahan bakar 4.2lt, shockbreker belakang monoshock dan depan teleskopik, berpenghenti laju disk brake depan dual piston belakang single piston, menggunakan roda berdiameter 17″-60/100 depan dan 17″-80/90 belakang, cast wheel, aki kering, dilengkapi elektrik stater, plus berat total motor 102.0kg…membuat motor ini mampu digeber dengan kecepatan maksimal sampai dengan 130 kph.



Sesuai info dari artikel bro dwinugros, itulah motor bebek jago yang dulu sempet didatangkan langsung dari Thailand ke Indonesia oleh beberapa importir umum secara utuh dengan jumlah terbatas yaitu Honda Nova Dash RS 125 dan Honda Nova Sonic RS 125.

Sebenarnya varian Honda Nova series dinegeri asalnya Gajah Putih memiliki 3 seri, yang pertama keluar adalah Honda Nova Tena 110 bermesin 2 langkah pada pertengahan tahun 90an, berhubung pada waktu itu sekitar tahun 90an akhir Indonesia sedang dihantam badai krisis ekonomi global maka pihak importir tidak berani mendatangkannya kesini…dan waktu itu belum dikenal istilah importir umum sehingga membuat varian tertua dari Honda Nova ini tidak begitu terkenal layaknya sang kedua adik.

Tapi kalau tidak salah pada ajang road race tanah air kisaran tahun 1998’an motor ini (Honda Nova Tena 110) yang dijoki Rafid Poppi pernah merusak dominasi pabrikan Suzuki dengan racer andalan paling ngetop saat itu “Si Kuncung” alias Hendriansyah (Suzuki RG Sport) dan pabrikan Yamaha dengan racer andalan “Si Ompong” alias Ahmad Jayadi (Yamaha Force1 ZR). —- Klop dengan info dari bro Rizkyrm kan? Hehehe

Semoga menambah khasanah perotomotifan kita semua…mangga digeber lads….

Salam Satu AspaL

No comments: